Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Social Bookmark Indonesia

Pembahasan Prediksi Soal UN SD IPA Tahun 2016

1.    Jawaban: D
Pembahasan: Setelah cukup dekat dengan serangga yang akan dimangsanya, dengan cepat, cicak dan bunglon akan menangkap serangga dengan lidahnya. Lidah panjang dan lengket merupakan ciri khusus yang dimiliki cicak dan bunglon. Oleh karena itu, dengan sekali menjulurkan lidahnya, serangga langsung menempel pada lidah dan dilahap.

2.    Jawaban: D
Pembahasan: Pada hewan bertelur, pertumbuhan dan perkembangan embrio terjadi di luar tubuh induknya. Embrio itu dibungkus dan dilindungi oleh cangkang. Embrio di dalam telur ini dilengkapi dengan kuning telur (yolk). Kuning telur digunakan sebagai cadangan makanan untuk perkembangan embrio. Jika embrio telah tumbuh sempurna, telur akan menetas dan keluarlah individu baru. Hewan yang berkembang biak secara bertelur disebut ovipar. Ayam dan burung merupakan contoh hewan bertelur. Contoh hewan reptil yang bertelur ialah penyu dan buaya.

3.    Jawaban: C
Pembahasan: Perkembangbiakan dengan cara pembentukan tunas antara lain terjadi pada Hydra. Hydra merupakan hewan yang tidak bertulang belakang. Hydra hidup pada air tawar. Pada tubuh Hydra dewasa akan muncul tonjolan. Tonjolan tersebut akan terus tumbuh dan membesar. Ketika setelah cukup besar, tunas itu akan terlepas dari tubuh induknya. Tunas yang terlepas akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru.

4.    Jawaban: A
Pembahasan: Buaya dan cicak berkembang biak dengan bertelur = ovipar. Dan kelinci berkembang biak dengan beranak = vivipar.

5.    Jawaban: C
Pembahasan: Kulit buaya dan harimau banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti tas, sepatu, ataupun bahan pakaian. Buaya dan harimau Sumatra akan punah jika terus diburu.

6.    Jawaban: B
Pembahasan: Kulit buaya dan harimau banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti tas, sepatu, ataupun bahan pakaian. Buaya dan harimau Sumatra akan punah jika terus diburu.

7.    Jawaban: D
Pembahasan: Suaka margasatwa tempat perlindungan khusus bagi hewan yang terancam punah.

8.    Jawaban: A
Pembahasan: Ada kalanya hubungan antarmakhluk yang satu diuntungkan dan yang lainnya dirugikan. Hubungan antar makhluk hidup yang salah satunya dirugikan disebut simbiosis parasitisme. Kucing dirugikan karena kutu sebagai parasit kucing.

9.    Jawaban: D
Pembahasan: rantai makanan pohon jagung dimakan burung, burung dimakan ular, ular dimakan burung elang.

10.    Jawaban: D
Pembahasan: Belalang dan tikus makan tumbuhan padi. Jadi ketika padi dipanen belalang dan tikus kehilangan makanannya.

11.    Jawaban: D
Pembahasan: Tanaman kaktus tempat hidup aslinya sebenarnya adalah tanah yang kering seperti gurun. Oleh karena itu tanaman ini menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan yang kering dan panas. Tumbuhan kaktus menyesuikan diri dengan memiliki daun yang kecil-kecil seperti duri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan air, batangnya tebal berair dan berlapis lilin yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air, akarnya yang panjang untuk mencari air.

12.    Jawaban: A
Pembahasan: nomer 1 adalah cakar burung elang yang berfungsi mencengkeram mangsa dan nomer 3 adalah cakar ayam yang berfungsi untuk mengais tanah. Cakar yang berfungsi mencengkeram mangsa dan cakar yang berfungsi untuk mengais tanah.

13.    Jawaban: C
Pembahasan:

14.    Jawaban: D
Pembahasan:

Telinga dalam terdiri dari tingkap jorong, tingkap bundar, tiga saluran setengah lingkaran, saluran rumah siput, dan alat keseimbangan. Telinga dalam berguna untuk menerima getaran bunyi/suara yang diterima dari telinga tengah.

15.    Jawaban: A
Pembahasan: Pada ujung bronkioli terdapat kantong udara yang disebut alveolus. Alveolus berfungsi sebagai tempat pertukaran gas karbon dioksida (CO2 ) dan uap air dengan gas oksigen (O2 ). Setiap kamu bernapas, udara segar yang mengandung oksigen masuk ke paru-paru. Oksigen kemudian  diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Pada waktu yang bersamaan, karbon dioksida dikeluar kan dari dalam tubuh melalui paru-paru.

16.    Jawaban: C
Pembahasan: Saat makanan dikunyah dalam mulut, makanan dibasahi oleh air liur. Makanan menjadi licin dan mudah ditelan. Selain itu, air liur mengandung enzim ptialin atau amilase. Enzim ini berfungsi untuk mencerna zat tepung (amilum) secara kimiawi menjadi zat gula. Itulah sebabnya, saat mengunyah nasi dalam waktu lama kita akan merasakan manis. Pencernaan seperti ini merupakan contoh pencernaan kimiawi.
17.    Jawaban: B
Pembahasan:

Darah beredar di dalam tubuh melalui dua sistem peredaran darah, yaitu:
Peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung menuju paru-paru,kemudian kembali lagi ke jantung. Darah yang menuju paru-paru mengandung karbon dioksida, sedangkan darah yang kembali ke jantung mengandung banyak oksigen. Peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.

18.    Jawaban: C
Pembahasan: Perkembangbiakan secara kawin pada tumbuhan dimulai dengan penyerbukan. Penyerbukan adalah bertemunya serbuk sari dan kepala putik. Serbuk sari tadi masuk melalui tangkai putik menuju bakal buah. Di dalam bakal buah ada bakal biji. Bakal biji berisi sel kelamin betina (sel telur). Setelah sel kelamin jantan dan betina bertemu maka terjadilah pembuahan. Setelah terjadi pembuahan, akan tumbuh buah dan biji. Biji yang dihasilkan nanti merupakan cikal bakal dari tumbuhan baru.

19.    Jawaban: D
Pembahasan: Karbohidrat disebut juga hidrat arang. Karbohidrat merupakan sumber tenaga utama bagi tubuh manusia. Makanan yang merupakan sumber karbohidrat adalah beras, jagung, gandum, singkong, kentang, ubi, dan sagu. Karbohidrat berguna untuk menghasilkan kalori sebagai sumber tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

20.    Jawaban: B
Pembahasan: Mineral = Zat besiSayuran, Sumber makanan = hijau (bayam, kangkung). Kegunaan =
• Membantu kerja otot dan saraf.
• Membentuk sel darah merah.
• Mencegah penyakit kurang darah (anemia).

Pembahasan Prediksi Soal UN SD IPA Tahun 2016. Post by: admin | 4.5

Categories: SD KELAS 6

You are not authorized to see this part
Please, insert a valid App IDotherwise your plugin won't work.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose